Pernahkah kamu berusaha untuk mencoba mendorong tembok? Apakah tembok tersebut bergerak saat kamu mendorongnya? Meskipun kamu sudah berusaha untuk mendorong tembok tersebut dengan menggunakan seluruh energi yang kamu miliki hingga kamu merasa lelah dan berkeringat, namun saat mendorong tembok tersebut dikatakan bahwa kamu tidak melakukan usaha sama sekali atau usahanya bernilai nol. Mengapa demikian?

Selanjutnya coba kalian simak video berikut.

Semakin besar gaya yang digunakan untuk memindahkan benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan. Semakin besar perpindahan benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa besarnya usaha (W) ditentukan oleh besar gaya yang diberikan pada benda (F) dan besar perpindahan (s). Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut.

Keterangan:

W = usaha (joule)

F = gaya (newton)

s = perpindahan (meter)

 

Laju energi atau daya (P) adalah besar energi yang dipergunakan dalam setiap detik, sehingga dapat ditentukan dengan cara membagi besar usaha (W) dengan selang waktunya (t), atau secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut: